• icon-phone Contact Center Yakes Telkom : 022 - 4521405
  • Contact Center Yakes Telkom : 022 - 4521405

Info Terbaru

image-newest
Info Kesehatan

Kasus Covid-19 Kembali Meningkat, Aturan Masker dan Vaksinasi Kembali Diperketat Senin, 11 Juli 2022 16:57 WIB Peningkatan kasus Covid-19 kembali menjadi sorotan, penyebaran subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 menjadi babak baru kasus Covid-19 di Indonesia. Tercatat hingga 9 Juli 2022, kasus baru Covid-19 mencapai 2.705 dengan positivity rate mencapai 8,5%, berada diatas dari standar maksimal yang ditetapkan oleh WHO pada 5%. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito menyampaikan pemerintah akan melakukan langkah pencegahan dengan memberlakukan kebijakan terkait program vaksinasi booster serta aturan perjalanan dan penggunaan masker. Wiku menjelaskan pelaku perjalanan diwajibkan untuk melakukan vaksinasi booster atau dapat diganti dengan menunjukan hasil negatif tes Antigen 1x24 jam maupun PCR 3x24 jam. "Kebijakan akan berlaku per 17 Juli, dan akan dievaluasi setelah berjalan. Satgas merilis kebijakan 10 hari sebelumnya sebagai prakondisi, sehingga masyarakat punya waktu untuk mendapatkan vaksin booster,"jelas Prof. Wiku Sementara itu, Presiden Joko Widodo juga menyampaikan himbauan kepada masyarakat untuk kembali menerapkan disiplin masker ketika di luar ruangan. Hal ini disampaikan setelah sebelumnya Presiden Joko Widodo mengizinkan pelonggaran penggunaan masker di ruang terbuka. "Saya juga ingin mengingatkan kepada kita semua, COVID masih ada. Oleh sebab itu, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan memakai masker masih sebuah keharusan,"jelas Presiden Jokowi

image-newest
Info Kesehatan

Seberapa Penting Sih Mengonsumsi Buah Secara Rutin? Kamis, 07 Juli 2022 17:18 WIB Buah-buahan menjadi salah satu sumber asupan gizi yang baik, mulai dari vitamin, mineral, antioksidan serta serat terkandung dalam buah. Badan kesehatan dunia (WHO) menyampaikan setiap orang direkomendasikan untuk setidaknya mengkonsumsi buah sebanyak 150g/hari agar mendapat berbagai manfaat pentingnya. Namun ternyata, masyarakat Indonesia terhitung masih sedikit dalam konsumsi rata-rata buah per orang per harinya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa saja manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi buah rutin setiap harinya? Berikut ini beberapa manfaat tersebut : Menjadi Sumber Air & Gizi, buah dapat berperan sebagai sumber air serta memenuhi kebutuhan gizi yang dapat memperkuat metabolisme dalam tubuh. Sumber Vitamin, banyak vitamin terkandung dalam berbagai jenis buah. Menjadi Sumber Antioksidan Untuk Tubuh, buah dapat meningkatkan produksi dari Limfosit serta kadar Glutation yang dapat menjaga tubuh dari berbagai jenis virus. Mengurangi Risiko Penyakit, berbagai jenis buah dapat menurunkan risiko penyakit kronis. Tinggi Serat, sehingga membantu menjaga tubuh dalam terhindar dari masalah kesehatan pencernaan. Dengan membiasakan diri mengkonsumsi aneka buah secara rutin dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Ingin tahu lebih banyak terkait manfaat buah untuk kesehatan? Yuk simak informasi lengkapnya dalam Webinar Kesehatan Yakes-Telkom dalam rangka memperingati “Hari Buah Sedunia” dengan tema “Konsumsi Buah Demi Menjaga Imunitas”, dengan mengunjungi channel Youtube Yakes Telkom atau mengakses melalui link bit.ly/KonsumsiBuahJagaImun Selain info di atas, jika ingin melihat konten kesehatan dan kegiatan Yakes-Telkom lebih lengkap lagi, klik link: linktr.ee/YakesPromotifPreventif

image-newest
Info Korporasi

Yakes-Telkom Hadiri Kemeriahan HUT ke 57 Telkom Indonesia Rabu, 06 Juli 2022 19:40 WIB Pada hari kedua acara HUT ke 57 Telkom Indonesia yang diadakan di lapangan GMP Telkom Japati Bandung, Tim FAST (First Assistance, Patient Safety, and Early Treatment) dari Yakes-Telkom berperan dalam menjaga keselamatan dan kesehatan seluruh peserta acara  Fun Bike dengan berkeliling di pusat Kota Bandung yang dihadiri oleh beberapa petinggi Telkom Indonesia.  Yayasan Kesehatan Telkom juga berperan aktif dalam acara HUT ke 57 Telkom Indonesia. Yakes-Telkom menyediakan beberapa pelayanan kesehatan seperti Pengecekan Gula Darah, Pengecekan Saturasi Udara, Pengecekan Suhu Tubuh, Tensimeter dan Konsultasi Kesehatan.  Bapak Syaifudin selaku Executive Vice President (EVP) Telkom Regional III mengunjungi stand milik Yayasan Kesehatan Telkom dan melakukan pengecekan tekanan darah. Beliau pun bertanya terkait apa saja bentuk layanan yang disediakan oleh Yakes-Telkom dan tertarik akan pelayanan kesehatan yang disediakan. Pada kesempatan yang sama, Yakes Telkom juga memberikan penjelasan terkait informasi pelayanan yang disediakan yaitu seperti Promotif yang berupa layanan yang menjaga yang sehat agar tetap sehat, dimana terdapat video-video kesehatan dan seminar kesehatan. Selanjutnya ada Preventif yang berupa aksi dalam menjaga kesehatan seperti fitness center. Lalu ada Kuratif yang merupakan layanan untuk membantu orang yang sedang sakit, seperti klinik dan rawat inap. Terakhir terdapat Rehabilitatif merupakan layanan yang membantu dalam proses pemulihan, seperti fisioterapi.  Selain itu banyak dari pegawai Telkom Regional III yang menggunakan dan memanfaatkan fasilitas pelayanan yang diberikan oleh Yakes-Telkom dalam acara Funtastic Day 2022. Banyak dari mereka yang melakukan Tensimeter dan Konsultasi terkait kesehatan yang sedang mereka rasakan.  Dalam acara keseruan hari ini juga dimeriahkan dengan adanya Fun Games dengan hadiah berupa doorprize dan hiburan musik dari penyanyi Indonesia dan para pegawai Telkom Indonesia. Bapak Syaifudin juga mengunjungi dan membeli beberapa barang dari stand UMKM dan Pedagang Kaki Lima.  Selain acara tersebut, para peserta juga dapat menikmati sajian Free Breakfast dan setelah 2 jam dari menyantap sajian tersebut peserta melakukan pengecekan Gula Darah yang disediakan oleh Yakes-Telkom. Penutupan puncak dari acara Funtastic Day 2022 ini dengan pembagian hadiah doorprize dan hiburan musik dari salah satu penyanyi Indonesia. 

image-newest
Info Korporasi

YAKES TELKOM KEMBALI MERAIH PENGHARGAAN AKHLAK AWARD 2022 Rabu, 06 Juli 2022 18:18 WIB Yakes-Telkom kembali meraih penghargaan dalam ajang AKHLAK Award 2022 yang diselenggarakan oleh lembaga independen ACT Consulting, Selasa kemarin (5/7). Penghargaan kategori Indeks Implementasi AKHLAK Klaster Telekomunikasi & Media berhasil diraih Yakes Telkom dan mendapatkan nilai terbaik. Telkom sebagai Parent dari Yakes Telkom berhasil meraih juara umum dan mendapatkan predikat Best di setiap kategori AKHLAK. Penghargaan diberikan dan disaksikan oleh Wakil Presiden Indonesia Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin, Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua MPR RI H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A. dan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron secara daring kepada Direktur Utama Yakes Telkom Tri Priyo Anggoro. Penilaian AKHLAK Award 2022 didasarkan pada Indeks ACHI (AKHLAK Culture Health Index) dengan tolok ukur 2 tahun implementasi AKHLAK sebagai core values seluruh BUMN di seluruh Indonesia.   "Merupakan suatu kebanggaan bagi Yakes atas keberhasilan meraih kembali penghargaan dalam ajang AKHLAK Award 2022 ini. Terima kasih kepada seluruh insan Yakes Telkom yang begitu commit dalam mengimplementasikan nilai-nilai AKHLAK dalam kesehariannya dan terus berkontribusi aktif sehingga kita bersama-sama meraih penghargaan ini," ujar Direktur Utama Yakes Telkom dalam pesan singkatnya. Yakes Telkom sebagai pengelola layanan kesehatan berkomitmen untuk selalu mengedukasi dan melahirkan insan Yakes berintegritas tinggi sehingga mampu memberikan layanan paripurna kepada seluruh peserta berlandaskan POT CINTA sebagai misi dari Yakes. Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan selama dua tahun ini keluarga besar BUMN, baik yang ada di kementerian, induk holding BUMN maupun anggota grup BUMN disatukan oleh misi yang sama yakni BUMN untuk Indonesia dengan nilai-nilai yang sama atau Core Values AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif). Core Values ini juga yang menjadi acuan Yakes Telkom agar mampu menghasilkan budaya kerja dan kinerja terbaik mendukung kinerja TelkomGroup.  Semoga dengan penghargaan AKHLAK ini bisa terus memacu semangat Yakes-Telkom untuk terus memberikan yang terbaik bagi seluruh peserta Yakes Telkom dan menjadi institusi kesehatan terbaik di Indonesia.

image-newest
Info Korporasi

Kolaborasi Yakes-Dapen Semarakkan FUNTASTIC DAY 2022 Selasa, 05 Juli 2022 21:37 WIB Funtastic Day 2022 menjadi rangkaian acara dalam rangka memperingati HUT ke-57 Telkom Indonesia. Dengan mengusung tagline “Learn, Grow and Contribute to Indonesia”, acara Funtastic Day 2022 ini menampilkan berbagai macam kegiatan seperti Pameran komunitas internal TelkomGroup, Bazaar, Donor darah, hingga acara Entertainment yang menghadirkan penampilan dari karyawan TelkomGroup perwakilan dari masing-masing CFU/FU. Yakes bersama Dapen Telkom berkolaborasi mewakili FU HCM, turut menyemarakkan Funtastic Day 2022 dengan menghadirkan suguhan tarian kontemporer yang terinspirasi dari keberanian Garuda dan semboyan Bhineka Tunggal Ika. Tarian yang ditampilkan menggambarkan sinergi Harmonis antar generasi dan antar Unit yang bersama-sama adaptif dan agile dalam mengemban Amanah menghadapi perubahan. Setia saling mendukung dan berkolaborasi mencurahkan seluruh kompetensi dalam menyukseskan transformasi Telkom Group DigitalBisa untuk semua. Direktur Human Capital Management (HCM) Telkom, Afriwandi pada kesempatan tersebut menyempatkan untuk menyaksikan penampilan dari FU HCM bersama dengan Dirut Yakes Telkom, Tri Priyo Anggoro beserta jajaran direksi dari Yakes Telkom dan Presdir Dapen Abdul Hadi. Selain menyaksikan penampilan tarian kontemporer tersebut, Afriwandi beserta jajaran juga melakukan kunjungan ke berbagai booth yang ikut meramaikan acara bazaar pada Funtastic Day 2022 ini. Kegiatan Funtastic Day 2022 berlangsung pada tanggal 5-6 Juli 2022. Selain berbagai macam kegiatan seru seperti yang disampaikan sebelumnya, terdapat juga mini games hingga penampilan dari artis Ibu Kota.

image-newest
Info Kesehatan

Omicron BA.4 & BA.5 Masih Mengancam, Prediksi Puncaknya Pada Akhir Juli Senin, 04 Juli 2022 16:27 WIB Kasus harian Covid-19 diberbagai daerah yang ada di Indonesia tercatat mengalami kenaikan signifikan dalam beberapa waktu belakangan. Hal ini tidak terlepas dari adanya penyebaran subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 yang telah terdeteksi pada pertengahan bulan Juni 2022 lalu. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, menyampaikan subvarian Omicron BA.4 & BA.5 ini mencapai puncaknya pada minggu ke 3 bulan Juli 2022. "Puncak kasus itu rata-rata 28-34 hari sejak ditemukan varian BA.4 dan BA.5 di negara tersebut, jadi cepat sampai puncaknya." jelas Menteri Budi Meskipun gejala yang ditimbulkan dari subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 ini tergolong ringan, namun karakteristik untuk menyebar secara cepat menjadi kekhawatiran tersendiri dari subvarian ini. Oleh karena itu, Menkes Budi mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan, seperti tetap menggunakan masker jika berada di tempat ramai dan juga mengikuti vaksinasi booster guna memperkuat daya tahan tubuh melawan virus Covid-19. Selain itu, Menkes Budi juga menjelaskan setidaknya 81% kasus Covid-19 di Indonesia merupakan kasus dari subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. "Saya jelaskan bahwa saat ini 81% semua kasus di Indonesia sudah Ba.4 dan Ba.5,”tambah Menteri Budi Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, penambahan kasus Covid-19 pada hari Minggu (3/7) lalu telah mencapai 1.614 kasus baru. Mengingat tren kasus yang masih meningkat, pemerintah merencanakan penerapan beberapa kebijakan seperti perpanjangan PPKM hingga 1 Agustus mendatang.

image-newest
Info Kesehatan

Peringati Hari Bidan Nasional, Mengenal Profesi Bidan Dalam Wujudkan Generasi Unggul Bangsa Jumat, 24 Juni 2022 11:10 WIB Pada tanggal 24 juni 1951 merupakan hari berdirinya Ikatan Bidan Indonesia (IBI), yang sekaligus menjadi Hari Bidan Nasional (National Midwife Day). Peringatan Hari Bidan Nasional ini bertujuan untuk memberitahu masyarakat akan tugas mulia dari profesi bidan yang memiliki tanggung jawab penting dalam mewujudkan generasi unggul di Indonesia. Melansir dari laman resmi IBI, Hari Bidan Nasional bermula dari para bidan senior di Jakarta untuk menggelar konferensi bidan pertama, dalam konferensi itulah didirikan sebuah organisasi profesi yang kemudian dikenal sebagai ikatan bidan Indonesia (IBI). Adapun tujuan IBI juga dirumuskan dalam konferensi 71 tahun lalu tersebut, yakni: Menggalang persatuan dan persaudaraan antar sesama bidan serta kaum wanita pada umumnya, dalam rangka memperkokoh persatuan bangsa. Membina pengetahuan dan keterampilan anggota dalam profesi kebidanan, khususnya dalam pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) serta kesejahteraan keluarga. Membantu pemerintah dalam pembangunan nasional, terutama dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Meningkatkan martabat dan kedudukan bidan dalam masyarakat. IBI diprakarsai oleh sejumlah bidan yaitu Ibu Selo Soemardjan, Ibu Fatimah, Ibu Sri Mulyani, Ibu Salikun, Ibu Sukaesih, Ibu Ipah dan Ibu S. Margua. IBI menjadi satu-satunya organisasi resmi bagi para bidan Indonesia. Peran bidan dalam dunia kesehatan sendiri sebenarnya lebih kompleks, selain membantu dan mengusahakan persalinan secara normal, seorang bidan bertugas memantau kehamilan calon ibu. Kesehatan janin,kebugaran ibu, serta kesehatan psiskis pasien juga tak luput dari pantauannya. Hal ini sebagaimana seperti yang menjadi fokus utama dalam tema Hari Bidan Nasional 2022 yakni, “Perjuangan Panjang Profesi Bidan Mewujudkan Generasi Unggul Menuju Indonesia Maju”. Seorang bidan juga harus melakukan edukasi mengenai perawatan bayi dan perencanaan keluarga. Hal ini penting untuk dilakukan karena angka kematian ibu dan bayi di Indonesia masih cukup tinggi. Data Survei Sosial Ekonomi Nasional di tahun 2015 mencatat 305 kematian ibu dari 100.000 penduduk. Sementara angka kematian bayi di tahun 2017 mencapai 24 jiwa dari 1.000 kelahiran hidup. Yayasan Kesehatan (Yakes) Telkom Mengucapkan Selamat Hari Bidan Nasional yang ke 71 .Tetap semangat dan tersenyum dalam pengabdianmu untuk seluruh perempuan dimanapun

image-newest
Info Kesehatan

Lebih Menular Dibandingkan Varian Sebelumnya, Begini Karakteristik Subvarian BA.4 & BA.5 Rabu, 22 Juni 2022 16:05 WIB Kasus Covid-19 di Indonesia dalam seminggu terakhir kembali mengalami peningkatan, hal ini tidak terlepas dari penyebaran subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 yang telah terdeteksi menginfeksi beberapa orang. Setidaknya tercatat lebih dari 50 kasus subvarian Omicron Ba.4 dan BA.5 yang telah terdeteksi di beberapa daerah. Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr. Erlina Burhan menyebutkan saat ini penyebaran Covid-19 subvarian BA.4 dan BA.5 cukup masif dan diperkirakan lebih cepat menular dibandingkan varian sebelumnya. Namun meskipun begitu, tingkat keparahan dari subvarian BA.4 dan BA.5 ini tergolong masih mirip dengan varian Omicron sebelumnya. "Masa inkubasinya cepat 1 sampai 3 hari langsung bergejala, tapi nggak perlu khawatir karena recoverynya (penyembuhan) juga cepat. Para ahli sepakat bahwa laporan-laporan dari berbagai negara gejalanya hampir sama, dianggap lebih menular dari BA.2,"jelas dr. Erlina Selain penyebaran yang lebih cepat, dr. Erlina juga menjelaskan subvarian BA.4 dan BA.5 ini diidentifikasi memiliki kemampuan escape immunity yang membuatnya terhindar dari deteksi sistem imun dalam tubuh. Mengingat hal tersebut, dr. Erlina juga menyampaikan penting untuk masyarakat tetap melakukan pencegahan dengan mematuhi aturan protokol kesehatan, khususnya bagi kelompok masyarakat rentan, lansia serta yang memiliki penyakit komorbid. Sementara itu, terkait dengan kebijakan masa isolasi bagi pasien terdampak Covid-19 subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 ini masih belum ada perubahan, yakni menjalankan isolasi selama 10 hari.  "Walaupun dikatakan bahwa virus ini virulensi artinya tidak menimbulkan keparahan, tetapi di lapangan CT valuenya rendah. Artinya virusnya banyak, dia tidak berbahaya tapi banyak. Kalau virus tersebut jumlahnya banyak, itu potensi penularannya akan lebih tinggi lagi. Oleh sebab itu, sampai saat ini masih belum ada upaya kebijakan memperpendek masa isolasi. Jadi, tetap dirata-rata 10 hari,"jelas dr. Erlina

Info Terpopuler

image-popular
Info Korporasi

Digitalisasi Klinik Percetakan Negara, Terobosan Baru dalam Pelayanan Rabu, 16 Desember 2020 03:29 WIB Jakarta – Sebagai implementasi dari pemanfaatan teknologi dalam program POT CINTA, Yakes Telkom meresmikan Yakes Fitness Center yang telah direnovasi serta Digitalisasi Klinik Percetakan Negara di Jalan Percetakan Negara, Jakarta pada Kamis sore lalu(12/11). Upaya digitalisasi setiap program dan layanan Yakes ini ditujukan untuk mempermudah pelanggan dalam mendapatkan layanan sesuai dengan visi TelkomGroup, menjadi digital telco untuk memajukan masyarakat. Kegiatan launching dimulai dengan pemotongan pita secara simbolik oleh Afriwandi, selaku Direktur Human Capital Management TelkomGroup sebagai tanda peresmian dibukanya Yakes Fitness Center dan Digitalisasi Klinik Percetakan Negara. Dalam sambutannya, Afriwandi mengapresiasi kinerja Yakes Telkom dalam meningkatkan customer experience, khususnya memasukkan unsur digital dalam pelayanannya. “Yakes kini sudah berubah menjadi lebih baik, saya yakin kedepannya pasti bisa meningkatkan sistemnya lagi. Apalagi saya dengar citra Yakes Telkom di pelanggan itu positif, itu sangat bagus. Dengan begitu, citra Telkom pun akan ikut menjadi baik”, jelas Afriwandi. Pada kesempatan ini T.Zilmahram selaku Direktur Utama Yakes Telkom memaparkan sekilas tentang jejak langkah Yakes Telkom dalam mewujudukan visi menjadi institusi terbaik di Indonesia dalam mengelola layanan kesehatan berbasis managed care dan teknologi digital terkini. “Saat ini Yakes memiliki program-program POT CINTA untuk menjadi layanan yang lebih proaktif dalam melayani pelanggan. Seperti Sabaya, Yakin, Taman Sehati, Seharum, Kopi Cinta, Digikes, Café Poci, Kozi, Courtesy serta adanya dashboard secara realtime mengenai informasi covid di Telkom Group dan dashboard mengenai informasi investasi” jelas Zil. Kepala Area II Yakes Telkom, Anastasia Muriani juga turut menjelaskan mengenai pelayanan di Klinik Percetakan Negara yang kini semuanya sudah berbasis digital, mulai dari screening hingga konsultasi dengan dokter. “Klinik PN ini akan tetap menjalankan protokol COVID, pengukuran suhu tubuhnya sudah menggunakan thermoscan, tidak lagi memakai thermometer yang ‘ditembakkan’ ke dahi. Kemudian sebelum masuk ke poliknlik, pelanggan akan melakukan triase covid terlebih dahulu melalui website yang telah kami siapkan” jelas Anas. Bagi pelanggan yang ingin mengunjungi Poliklinik Percetakan Negara, lanjut Anas, bisa menggunakan Yakes Mobile untuk menentukan jadwal konsultasi, supaya tidak harus menunggu lama untuk mendapatkan pelayanan dari dokter. Anas juga menambahkan ragam layanan yang tersedia di Poliklinik Percetakan Negara. “Disini itu nanti ada layanan restitusi secara online, ada Café Poci yaitu café yang menyediakan makanan dan minuman bergizi untuk para pelanggan kita, serta taman sehati” pungkasnya. Kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama dan penandatangan prasasti secara simbolik oleh DirHCM. Semoga Yakes Telkom bisa semakin lebih baik lagi ke depannya.***dv    

image-popular
Info Kesehatan

Telemedicine menjadi alternatif konsultasi dimasa Pandemi Senin, 18 Januari 2021 11:05 WIB Tahun 2020 sudah selesai akan tetapi,  lain halnya dengan Pandemi yang sampai akhir 2020 belum kunjung usai. Dalam masa Pandemik ini, Yakes Telkom memberikan layanan Telemedicine yaitu pemakaian telekomunikasi untuk memberikan informasi dan pelayanan medis jarak-jauh. Telemedicine saat ini, menggunakan teknologi komunikasi dengan gadget untuk memberikan konsultasi fasilitas kesehatan di tempat yang berjauhan, bisa secara langsung via telepon, berkirim pesan, ataupun videocall dengan aplikasi WA (whatsapp) atau aplikasi Telegram. Layanan Telemedicine dibutuhkan oleh Pelanggan dalam masa pandemik Covid-19 saat ini karena ada beberapa layanan yang bisa didapatkan oleh pelanggan dengan menggunakan Telemedicine diantaranya adalah: Layanan Konsultasi medis dengan dokter dan petugas medis lainnya di Yakes Telkom. Memberi kemudahan saat pelanggan ingin mendapatkan Obat Rutin yang dikonsumsi tanpa harus datang ke Poliklinik Yakes Telkom. Permintaan rujukan pemeriksaan Laboratorium dan rujukan ke rumah sakit. Layanan konsultasi tentang restitusi. Layanan konsultasi non medis perihal kepesertaan. Kenapa harus Telemedicine? Guna mencegah penyebaran virus covid-19 lebih baik apabila dirumah saja untuk menghindari kerumunan, itulah sebabnya Yakes Telkom lebih menekankan Telemedicine daripada pelanggan datang langsung ke Poliklinik. Dengan Telemedicine para pelanggan tetap bisa mendapatkan layanan kesehatan dari Yakes. Untuk layanan medis para pelanggan bisa melakukan konsultasi kepada para dokter, apabila memerlukan obat dokter akan memberikan dan dikirim menggunakan kurir. Demikian juga dengan rujukan bisa juga didapatkan dengan melakukan Telemedicine. Tidak hanya layanan konsultasi medis saja yang diberikan kepada para pelanggan, melainkan dari sisi Non Medispun bisa melakukan Telemedicine, salah satu contohnya adalah layanan Konsultasi kepesertaan. Untuk melakukan laporan update Faskes putra/i dari pelanggan, Pensiunan dapat mengirimkan foto atau scan persyaratan yang sudah lengkap kepada admin kepesertaan untuk diproses lebih lanjut. Selain itu juga pengajuan untuk cetak kartu kesehatan bisa dilayani secara online via Whatsapp ataupun Telegram, dengan mengirimkan persyaratan yang sudah lengkap kepada Admin Kepesertaan pengajuan cetak kartu kesehatan bisa diproses lebih lanjut. Saat ini Yakes Telkom tak henti-hentinya memberikan layanan yang terbaik kepada para pelanggan karena sesuai dengan slogan terbaru Yakes Telkom yaitu Sehat Tekad Kita, Melayani dengan Cinta (YKS05-01)

image-popular
Info Kesehatan

Kasus Positif Terus Melonjak, Segera Vaksinasi dan Kencangkan Prokes Minggu, 30 Januari 2022 21:49 WIB Lonjakan Kasus Harian Perupadata mencatatkan penambahan kasus harian Covid-19 sebanyak 9905 kasus (per 28 Januari 2022). Data yang ada juga menunjukkan 90,1% kasus konfirmasi nasional merupakan transmisi lokal dan tercatat sudah 3 pasien kasus konfirmasi Omicron meninggal dunia (memiliki komorbid atau penyakit penyerta dan 1 kasus belum divaksin). Kenaikan kasus harian Covid disinyalir akan terus meningkat dalam beberapa waktu kedepan. Gambaran kenaikan tajam kasus ini juga terlihat di lingkungan TelkomGroup. Munculnya 3 sub varian Omicron Baru-baru ini muncul 3 sub varian Omicron yaitu BA.1 BA.2 dan BA.3, status ketiganya masih terus diteliti. Sementara gejala dibandingkan Delta lebih ringan. BA.2 lebih infeksius dengan gejala lebih ringan dari BA.1. Mutasi virus memang bukanlah hal yang baru, apalagi Variant of Concern cenderung cepat menginfeksi dan akan banyak bermutasi. Yang harus digarisbawahi adalah jangan meremehkan dan jangan abai untuk mencegah virus semakin merajalela dan melahirkan varian yang berbahaya. Cegah dengan Vaksin dan Disiplin Prokes Sesuai dengan anjuran pemerintah melalui Kemenkes, perusahaan turut aktif mengambil langkah-langkah untuk mencegah laju penularan khususnya di lingkungan TelkomGroup dengan mempercepat upaya pelaksanaan vaksinasi booster untuk meningkatkan efektivitas vaksin primer.  Jadi bagi karyawan, pensiunan dan keluarga yg sudah mendapatkan e tiket di Peduli Lindungi dan telah 6 bulan dari vaksin ke 2, segera lakukan vaksinasi booster baik di sentra vaksinasi, RS atau puskesmas terdekat. Ayo kita cegah peningkatan laju Covid dengan tidak panik seraya meningkatkan protokol kesehatan dengan selalu gunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, rajin mencuci tangan, menghindari bepergian kecuali sangat mendesak, dan menghindari kegiatan makan bersama. Semangat Sehat!  #SEMUAWAJIBPAKAIMASKER #SegeraVaksin

image-popular
Info Kesehatan

Be Mindful of Your Mental Health Sabtu, 24 Oktober 2020 08:36 WIB Tidak dipungkiri lagi bahwa kesehatan mental merupakan salah satu bagian yang menandakan sehatnya seseorang. Sehat tidak hanya dilihat dari kondisi fisik saja, tetapi bagaimana kondisi psikologis diri kita. Di tengah kondisi pandemic Covid-19 yang melanda, mari kita tanyakan ke diri sendiri, sejahterakah kita secara psikologis? Sejahtera secara psikologis menandakan bahwa diri kita memiliki perasaan yang baik (feeling good) dan dapat berfungsi secara efektif (functioning effectively). Untuk dapat sejahtera secara psikologis, tentunya kita perlu memperhatikan (mindful) kondisi kesehatan mental. Mengapa demikian? Alasannya sangat sederhana, karena dengan memberikan perhatian maka kita lebih menyadari serta dapat lebih memahami kondisi diri kita. Mindfulness adalah suatu pendekatan integratif yang didasarkan pada hubungan pikiran & tubuh, yang membantu individu untuk mengelola pikiran dan perasaan serta kesehatan mental mereka. Mindfulness merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Salah satu contoh simpelnya adalah dengan kita menyadari bagaimana rasa makanan yang tadi dicicipi? Apa warna baju yang dipakai hari ini? Apa perasaan yang muncul ketika atasan memberikan feedback kepada saya? Apa yang saya rasakan ketika rekan kerja menolak pendapat saya? Sadar akan apa yang sedang dipikirkan atau dirasakan menjadi salah satu wujud agar kita dapat menjalankan hari-hari dengan nyaman serta menemukan solusi yang terbaik untuk permasalahan yang dihadapi. Selain menyadari apa yang terlintas dipikiran dan dirasakan, menyadari apa yang tubuh kita coba untuk sampaikan juga salah satu bentuk mindfulness. Sebagai contoh, saat berada pada situasi penuh tekanan atau kecemasan, ternyata tubuh kita memunculkan reaksi tertentu seperti detak jantung meningkat, otot tegang atau napas terhambat. Dengan memperhatikan perubahan yang muncul tersebut, maka kita dapat pula mencari solusi atas perubahan yang terjadi, salah satu upayanya dengan mengatur napas dengan baik agar tubuh menjadi tenang. Begitu pula dengan situasi Covid-19 yang tengah kita hadapi saat ini, aware terhadap apa yang menjadi pikiran, perasaan, serta pola tingkah laku yang dimunculkan akan membantu kita menentukan langkah pengelolaan yang tepat. Kesadaran ini menandakan pula bahwa kita merawat diri. Kita sadar akan hal yang menjadi pemicu dari kecemasan serta memperhatikan hal-hal apa yang membuat tertekan. Ketika kita mulai memperhatikan kondisi kesehatan mental, tidak hanya diri kita sendiri yang mendapatkan manfaatnya. Manfaat apalagi yang didapat melalui mindfulness? Menyadari kondisi psikologis atau kesehatan mental ini juga dapat membantu mengurangi stigma lingkungan yang buruk terhadap kesehatan mental. Beberapa contoh mindfulness ini adalah, menyadari penggunaan tata bahasa yang digunakan agar tidak menyakiti perasaan orang lain, mengedukasi diri terkait kesehatan mental yaitu dengan mengenali bahwa kesehatan mental memiliki perlakuan yang sama dengan masalah medis lainnya, dan mendengarkan kondisi orang lain tanpa interupsi, asumsi, maupun interpretasi di awal. Nah, beberapa hal tersebut dapat kita latih di kehidupan sehari-hari dan menjadi upaya bagi kita untuk lebih mindful terhadap diri maupun lingkungan sosial. Sudah saatnya kita aware terhadap kesehatan mental. Sesuai dengan kampanye yang dikeluarkan World Federation for Mental Health (WFMH), perayaan Hari Kesehatan Mental Dunia tahun 2020 mengusung tema “Mental Health for All: Greater Investment – Greater Access”, hal tersebut menandakan bahwa sehat mental itu hak setiap orang. Inilah saatnya bagi kita untuk berinvestasi dalam kesehatan mental. By: Rahmi Maya Fitri, M.Psi., Psikolog     “We would never tell someone with a broken leg that they should stop wallowing and get it together. We don’t consider taking medication for an ear infection something to be ashamed of.”  MICHELLE OBAMA     Sumber: https://www.verywellmind.com/improve-psychological-well-being-4177330; https://www.mentalhealth.org.uk/a-to-z/m/mindfulness; https://www.mindfulnessstudies.com/ending-mental-health-stigma-through-mindfulness/

image-popular
Info Korporasi

Soft Launching FAST Sebagai Implementasi Core Values AKHLAK Jumat, 01 Oktober 2021 15:00 WIB Yakes Telkom terus berinovasi mendukung visi dan misi serta salah satu yang tercantum dalam POT CINTA yaitu Pelayanan Prima. Bersamaan dengan peringatan hari Kesaktian Pancasila tahun 2021, Yakes Telkom memperkenalkan FAST (First Assistance, Patient Safety, & Early Treatment), Jumat pagi ini (01/10). Acara soft launching FAST dilakukan usai pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila melalui vicon. Hadir pada kegiatan ini BoD, SL, dan seluruh karyawan Yakes Telkom. M. Suny Arifianto selaku Direktur Layanan Kesehatan dan Umum Yakes Telkom menerangkan bahwa FAST merupakan inovasi pelayanan berbasis Fast Respon Team dengan reaksi cepat khususnya untuk usaha live safing dan menurunkan resiko fatality pada pasien yang dibutuhkan pada saat ini sebagai upaya mewujudkan pelayanan prima dengan tiga target customer yaitu: 1. Tim pengawalan atau peserta Event di lingkungan TelkomGroup. 2. Peserta Home Care yang memerlukan pelayanan cepat. 3. Emergency Patient Faskes Yakes Telkom dan Pasien Penanganan Khusus. Konsep layanan ini akan terintegrasi dengan program lain yang akan diluncurkan dalam waktu dekat demi meningkatkan kenyamanan peserta Yakes.  Lebih lanjut Suny menyampaikan bahwa FAST akan diimplementasikan terlebih dahulu di Regional Jakarta dan Jawa Barat. Saat ini FAST menjalankan tugas perdananya di Papua sebagai pendampingan pelayanan kesehatan TelkomGroup pada PON XX Papua. Pada kesempatan berikutnya, Tri Priyo Anggoro selaku Direktur Utama Yakes Telkom memberikan sambutan sekaligus melakukan soft launching FAST (First Assistance, Patient Safety, & Early Treatment). Priyo menjelaskan bahwa FAST dalam pelaksanaannya merupakan cerminan dari implementasi dari nilai-nilai AKHLAK, yaitu Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif serta Kolaboratif. Lebih lanjut Priyo mengucapkan selamat bertugas kepada seluruh tim FAST yang hadir baik di Bandung, Jakarta, dan Papua seraya berpesan agar seluruh tim mampu menunjukkan perannya sebagai tim yang responsif terhadap setiap kebutuhan peserta atas layanan Yakes. Priyo juga mengucapkan selamat bertugas kepada tim FAST yang bertugas mendukung event PON XX di Papua yang saat ini mengawal kesehatan Direktur EBIS Edi Witjara dan jajaran yang belum lama tiba untuk memastikan kesiapan tim TelkomGroup dalam mendukung suksesnya PON XX Papua. (YKS03)